SOAL 4 ( UAS-FILSAFAT PENDIDIKAN)

1.Di bawah ini ada sejumlah filosof muslim. Jelaskan secara singkat; a. Riwayat pendidikan/ hidupnya,b. Epistemologi pendidikannya, c. Ontologinya dan akksiolopginya. Yaitu sbb;a. Al-Ghazali b. Al-Farabi c. Al-Kindi d. Ibnu Sina e. Ibnu Tufail f. Al-Rozi g. Ibnu miskawaih h. Ibnu Rusy i. Ibnu Kholdun dan j. Ibnu Arabi
2.Di bawah ini ada sejumlah filosof Barat. Jelaskan secara singkat; a. Riwayat pendidikan/ hidupnya,b. Epistemologi pendidikannya, c.
Ontologinya dan akksiolopginya. Yaitu sbb;a.Plato b.Aristoteles
c. J.J. Rausseau d. Rene Descartese. John Locke f. Immanual Kant g. Wilhelm Friedirech Hegelh. Bennedit de Spinoza i. George Berkeley dan j. David Hume
3.Aliran filsafat pendidikan sangat banyak variasinya. Bagaimana ; a. Tujuan, b. Metode, c. Pelajar, d.Pengajar, e.Kurikulum dan f. Implikasinya terhadap pendidikan nasional. Adapun aliran pendidikan yang dimaksud adalah; 1. Realisme 2. Esensialisme, 3. Pragmatisme 4.Konstruksionisme, 5.Humanisme, 6. Idealisme, 7. Rasionalisme, 8. Empirisme, 9.Kritisisme dan 10. Naturalisme.
4.Jelaskan implikasi potensi dasar (fitrah) manusia terhadap pendidikan !
5.Buatlah sketsa gambarnya dan bagaimana filosofinya ?
6.Sebutkan tugas hidup manusia menurut para filosof (min. 5 orang) !
7.Jelaskan fungsi pendidikan perspektif filosof muslim (5 orang)
8.Apa konklusi Anda terhadap fungsi dan tugas hidup manusia ?
9.Jelaskan aliran filsafat pendidikan moderen !
10.Apa yang melatar belakangi munculnya filsafat pendidikan moderen ?
11.Pendidikan Islam menghadapi tantangan dan peluang sekaligus. Coba Anda sketsa tantangan dan peluang tersebut, dan bagaimana solusinya ?
12.Bagaimana dimensi proses pembelajaranya agar bisa berhasil ?
13.Ilmu pengetahuan mempunyai relasi yang kuat terhadap epistemologi pendidikan. Kenapa bisa demikian ?
14. Definisikan apa yang dimaksud dengan pemikiran awam, pemikiran ilmiah, dan pemikiran filosofis !
15.Bandingkan pemikiran ilmiah dan pemikiran filosofis dengan memperhatikan tujuan pemikiran, objek, metode, sifat pemikiran dan kebenaran yang dikejar !
16.Salah satu rumusan filsafat menyatakan bahwa manusia adalah makhluk yang menggunakan lambang-lambang atau simbol. Buktikan bahwa pandangan tersebut ada benarnya dan tunjukkan realitas sosialnya dalam kehidupan di sekitar Anda !
17.Buktikan kebenaran pernyataan ini bahwa manusia adalah makhluk yang memerlukan pendidikan, dapat dididik dan dapat mendidik !
18.Filsafat Pancasila sebagai salah satu disiplin pemikiran filosofis juga dapat digunakan untuk menganalisis kegiatan pendidikan. Bila dibandingkan dengan aliran-aliran filsafat yang lain. apakah filsafat Pancasila dapat dikatagorikan sebagai aliran idealisme, jelaskan pendapat Anda !
19. Jelaskan dengan singkat kedudukan filsafat dalam kehidupan manusia !
20..Kapan kegiatan pendidikan berlangsung di dalam kehidupan manusia ? Jelaskan pendapat Anda
21..Pendidikan adalah kehidupan itu sendiri, jelaskan arti kalimat tersebut !
22.Ditinjau dari sejarah peradaban manusia, pendidikan mempunyai arti yang berbeda. Sebutkan faktor yang membedakan pengertian pendidikan tersebut !
23.Tuliskan 4 (empat) pengertian pendidikan. Dari beberapa beberapa pengertian manakah yang relevan dengan kehidupan modern sekarang ?
24.Mengapa aliran developmentalisme merupakan pelopor pendidikan modern. Jelaskan pendapat Anda !
25..Lukiskan tujuan pendidikan, mata-mata pelajaran yang dianggap penting oleh aliran humanisme !
26. Konsep aliran realisme berbeda dengan konsep pendidikan aliran rasionalisme. Bandingkan kedua konsep aliran tersebut, dan sebutkan pengaruhnya pada pendidikan dewasa ini !
27..John Locke adalah tokoh yang terkenal dalam usahanya menggabungkan pandangan-pandangan disiplinarianisme dan rasionalisme. Lukiskan pandangan John Locke dan sebutkan pengaruhnya !
28.Tokoh-tokoh aliran developmentalisme ada beberapa orang, seperti JH Pestalozzi, JF. Herbart, WF. Frobel dan lain sebagainya. Sebutkan pendapat Herbart di bidang pendidikan dan pengajaran. Kemudian juga pengaruh Herbart di bidang pendidikan persekolahan dewasa ini !
29.Lukiskan pandangan pendidikan John Dewey dan tergolong pada aliran pendidikan yang manakah tokoh John Dewey itu ?
30..At-Tarbiyah bil-ma’nal ‘aam wal-hayatu syaiun wahid (hidup adalah pendidikan dan pendidikan adalah hidup itu sendiri), berikan penjelasan singkat !
31.Apa yang dimaksud dengan demokrasi pendidikan ?
32.Apakah demokrasi pendidikan tidak bertentangan dengan Islam, jelaskan !
33.Sebutkan ciri-ciri pendidikan gaya Bank seperti yang diungkap oleh Paulo Freire yang ada 10 itu ?
34.Coba Anda bandingkan pendidikan model Paulo Freire vs Model pendidikan Ta’lim Mutallim !

———– cogito ergo sum ———-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: